Residen Orthopaedi Amerika Serikat Melakukan Pediatric Orthopaedic Clinical Attachment

Tahun ini, dr. Aryadi Kurniawan, SpOT(K) dan dr. Ucok Siregar, SpB, SpOT(K) dari Divisi Pediatri Departemen Medik Orthopaedi Traumatologi FKUI-RSCM kembali mendapatkan kehormatan menerima kunjungan residen orthopaedi dari Washington University, USA untuk melakukan Pediatric Orthopaedic Clinical Attachment.

Kali ini yang mendapatkan kesempatan datang ke Indonesia adalah Jonathon Backus, MD, seorang residen tahap akhir yang akan menyelesaikan masa residensinya dalam beberapa bulan ke depan. Ketika ditanya motivasi apa yang mendorongnya datang ke Indonesia, Jonathon menjawab bahwa kasus-kasus orthopaedi pediatri di Indonesia memiliki karakter yang berbeda dengan kasus orthopaedi pediatri yang ditemuinya di Amerika Serikat. Di Amerika, kasus orthopaedi pediatri cenderung ditemukan lebih dini sehingga banyak kesempatan untuk melakukan tata laksana konservatif.

Di rumah sakit tempat Jonathon belajar, tata laksana operatif sebagian besar dilakukan pada kasus orthopaedi pediatri yang bersifat neuromuskuler atau sindromik. Indonesia memiliki banyak kasus malunion fraktur, infeksi kronis, atau kasus kelainan kongenital yang ditemukan terlambat sehingga membutuhkan tata laksana operatif. Hal ini sesuai dengan apa yang disampaikan oleh Prof. Matthew Dobbs, yang mengirim Jonathon Backus ke Indonesia, bahwa “the real pediatric orthopaedic surgeries actually dwell in developing country, one of which is Indonesia”.

Close Menu
X