Kode Etik dan Profesionalisme Spesialis Orthopaedi

Pada saat ini profesi medis umumnya dan Orthopaedi dan Traumatologi khususnya dihadapkan dengan perubahan yang cepat di bidang keilmuan, teknologi pembedahan maupun alat kesehatan dan infrastrukturnya, perubahan sosial dan pasar ekonomi, perubahan sistem pelayanan kedokteran dan pembiayaannya, status dokter yang sudah menjadi profesional di sektor perdagangan jasa berakibat adanya peningkatan persaingan individual dokter, kelompok dokter dengan teknik pemasaran sebagaimana di bidang perdagangan, persaingan rumah sakit yang sudah menjadi industri jasa yang berprinsip ekonomi, dan dipicu adanya perubahan kultur, life-style, tingkat pengetahuan masyarakat akan ilmu kedokteran berbekal kemajuan informasi dan teknologi komunikasi akibat internasionalisme dan globalisasi.

Disamping muncul juga gerakan yang mengembalikan dokter kepada khitohnya yang penuh nilai kehormatan dan nilai luhur profesi melalui peningkatan mutu layanan dan keselamatan pasien. Akibat dari perubahan ini semua akan menimbulkan kebimbangan dan kesulitan bagi Dokter Spesialis Orthopaedi dan Traumatologi dalam menerapkan pelayanan berdasarkan etik dan profesionalisme serta tanggung jawabnya pada pasien dan masyarakat. Oleh karenanya menegaskan kembali prinsip etik dan profesionalisme menjadi sangat relevan dan fundamental bagi perkembangan integritas dan kehormatan seorang spesialis Orthopaedi dan Traumatologi Indonesia.

Untuk info lebih lanjut, bisa unduh file PDF Kode Etik dan Profesionalisme Spesialis Orthopaedi dan Traumatologi dan Traumatologi Indonesia (Kodepoi).

April 29, 2015

Kode Etik dan Profesionalisme Spesialis Orthopaedi

Kode Etik dan Profesionalisme Spesialis Orthopaedi dan Traumatologi dan Traumatologi Indonesia (Kodepoi)