News

Cacar Monyet Ancaman Global Pasca Covid-...

WHO Menyatakan Cacar Monyet SebagaiDarurat Kesehatan Internasional

Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Tedros Adhanom Ghebreyesus mengatakan wabah cacar monyet sebagai darurat kesehatan global. Dia menyebut wabah ini harus menjadi perhatian internasional.

Mengapa darurat kesehatan global ditetapkan?

Direktur Jenderal WHO, Dr Tedros Adhanom Ghebreyesus, mengatakan wabah cacar monyet telah menyebar dengan sangat cepat dan dia memutuskan bahwa hal ini menjadi kekhawatiran dunia.

Penetapan darurat kesehatan global, menurut Dr Tedros, akan membantu percepatan pengembangan vaksin serta berbagai penerapan langkah guna membatasi penyebaran virus.

WHO juga merilis sejumlah rekomendasi yang diharapkan dapat mendorong negara-negara untuk menghentikan penyebaran virus serta melindungi kalangan paling rentan.

“Ini adalah wabah yang bisa dihentikan dengan strategi-strategi tepat dalam kelompok-kelompok yang tepat,” ujar Dr Tedros.


Mengapa cacar monyet bisa menular dengan cepat?

Terlalu sedikit yang diketahui mengenai cara virus cacar monyet bisa menyebar dengan cepat, 

kata Dr Tedros. “Penilaian WHO adalah risiko cacar monyet tergolong moderat secara global dan di semua kawasan, kecuali di kawasan Eropa. Kami menilai risiko [di wilayah itu] tinggi,” jelasnya.


Ada pula risiko cacar monyet bisa mewabah ke berbagai belahan dunia, namun risiko penyebaran melalui pergerakan internasional tetap rendah saat ini, tambahnya. Menurut Dr Tedros, kasus-kasus cacar monyet saat ini terkonsentrasi pada pria yang berhubungan dengan sesama jenis, khususnya mereka yang berhubungan seks dengan banyak orang. Karena itu, negara-negara perlu melakukan serangkaian langkah yang melindungi kesehatan mereka serta hak asasi dan martabat.


“Stigma dan diskriminasi bisa sama berbahayanya dengan virus apapun,“ tegasnya.


Para pejabat kesehatan sudah merekomendasikan agar kalangan yang berisiko tinggi terpapar cacar monyet—termasuk gay dan pria biseksual, serta sejumlah tenaga kesehatan—mendapat vaksin. 







Yuk mari kita menjaga kesehatan agar terhindar dari virus dan bakteri.



#cacarmonyet #monkeypox #virus #viruscacarmonyet #global #pascacovid19 #ortopedi #indonesiaorthopaedicassociation #paboi #ioa #orthopaedicsurgeon #bedahtulang #dokterorthopaedi #doktertulang #dokterbedahtulang #indonesiasehat

  Jul 28, 2022

See More

Hati-hati bahaya menarik lengan anak ter...

Hallo ayah bunda, ada yang senang menggandeng si buah hati ketika sedang berjalan bersama???????????

Kadang, tanpa sadar kita menarik lengan si buah hati terlalu kuat. Tapi, taukah Anda bahwa tindakan tersebut dapat membahayakan si kecil??

Menarik lengan terlalu kuat dapat berisiko mengakibatkan si kecil menderita Nursemaid’s Elbow, lho. Menurut dr. Faisal Mi`raj, Sp.OT (K), anak yang mengalami kondisi tersebut akan mengeluh sakit jika disentuh sikunya dan menolak untuk menggunakan lengannya, atau bila tangannya diputar.

?? Nah, jika hal itu terjadi, Ayah dan Ibu jangan pernah mencoba untuk mengembalikan sendiri posisi tulang si kecil yang bergeser ke tempatnya semula, ya! Ini justru akan membahayakan dan menambah rasa sakit pada anak, lho.

Jadi, segeralah bawa anak Anda ke dokter bila mendapati gejala nyeri siku.

Punya pengalaman serupa tentang hal ini? Yuk, share di kolom komentar!?

Selamat Hari Anak Nasional 2022
Anak terlindungi, Indonesia Maju

#tulanganak #lengananak #sikuanak #cedraanak #NurseMaidElbow #Lengansakit #Cedera #Anak #kesehatananak #cederaanak #infokesehatananak #nyeri #nyeritulang #bengkak #patahtulang #ortopedi #indonesiaorthopaedicassociation #paboi #ioa #orthopaedicsurgeon #bedahtulang #dokterorthopaedi #doktertulang #dokterbedahtulang #indonesiasehat

  Jul 23, 2022

See More

Social Media Hacks

Social Media Hack

Menciptakan Konten & Trending 


Social media merupakan platform digital yang dapat memfasilitasi penggunanya untuk saling bersosialisasi, baik berkomunikasi atau membagikan konten baik berupa tulisan, foto, dan video. Seiring kemajuan teknologi, semakin banyak masyarakat yang menggunakan social media, termasuk dokter. Social media dapat digunakan sebagai ruang untuk bersosialisasi yang memudahkan dokter dalam melakukan promosi kesehatan (terutama promotif & preventif). Selain itu, dokter sebagai entrepreneur dapat mengembangkan diri dan berinovasi melaui media tersebut untuk meningkatkan kesehatan masyarakat sesuai dengan etik kedokteran.

Terdapat beberapa platform social media yang cukup banyak digunakan di Indonesia, diantaranya Twitter, Instagram dan Facebook. Instagram dapat kita gunakan sebagai media edukasi dengan cara membagikan gambar, video dan live. Twitter dapat digunakan untuk mencari topik yang sedang trending di masyarakat. Sedangkan Facebook dapat kita gunakan sebagai media untuk mencari relasi, teman, ataupun grup untuk sharing seputar informasi khususnya di bidang kesehatan.

Social media dapat kita manfaatkan pula untuk mencari topik sebagai bahan konten edukasi. Beberapa tips cara mencari topik yang trending di social media diantaranya dengan mengikuti atau memfollow akun orang / organisasi sesuai bidang yang diminati, memperhatikan kolom komentar untuk melihat topik apa yang ingin dibahas oleh masyarakat pengguna social media, membuat poling di social media, dan menggunakan keyword yang tepat pada kolom pencarian.

Topik yang telah kita dapatkan, dapat diolah menjadi sebuah konten. Lalu, bagaimana cara untuk menciptakan konten yang baik dan tepat? Pertama, kita harus mengetahui siapa saja audiens kita, mulai dari jenis kelamin, usia, pekerjaan, karena setiap kalangan mempunyai ketertarikan terhadap permasalahan yang berbeda. Misalnya permasalahan di kalangan usia remaja lebih sering terkait soal acne. Berikutnya, konten yang telah dibuat dapat dibagikan menggunakan platform social media yang sesuai. Selain itu, konten sebaiknya dibagikan pada waktu yang tepat, karena dapat mempengaruhi jumlah viewers.

Setelah menciptakan konten yang trending, kita juga perlu mempertahankan engagement. Engagement adalah keterikatan antara pembuat konten dan viewers. Terdapat beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk mempertahankan engagement, antara lain membuat rencana untuk jangka waktu tertentu mengenai topik-topik yang akan dibahas. Kemudian menggunakan hashtag yang relevan pada konten, dengan tujuan memudahkan pengguna social media untuk mencari kembali topik yang sebelumnya telah kita bahas. Selain itu, kita juga perlu berkolaborasi dengan content creator lain serta memperbanyak interaksi dengan viewers.

Akhir kata, mari kita manfaatkan social media dengan bijak, tepat, dan sesuai etik untuk memberikan manfaat terhadap kesehatan masyarakat.


Ditulis Oleh : Dr. dr. Dhelya Widasmara, Sp.KK (K) FINSDV 

  Jul 21, 2022

See More

Olahraga Untuk Nyeri Punggung

Tahukah anda?

  • Olahraga terbukti bermanfaat dalam penanganan nyeri punggung kronis.
  • Selain olahraga aerobik, riset juga menyarankan olahraga lain berupa latihan fleksibilitas dan latihan kekuatan.


MENGAPA DEMEKIAN?

Dalam fungsinya menopang tubuh, tulang belakang dibantu oleh otot-otot

disekitarnya. Sehingga kelemahan dari core-muscle (otot punggung, perut) dapat 

menyebabkan instabilitas pada tulang belakang.

Olahraga juga membantu menjaga kualitas jaringan  ikat di punggung


Tips memilih olahraga yang sesuai

  • Pilih olahraga yang tergolong low-impact (bersepeda, berenang, jalan cepat).
  • Sertakan variasi yang meliputi kegiatan aerobik, latihan kekuatan otot, dan latihan fleksibilitas.
  • Mulai dengan tingkat kesulitan yang mudah, tidak masalah apabila ingin menggunakan alat bantu.
  • Pilih olahraga yang sekiranya memungkinkan dilakukan secara konsisten.


Berikut contoh gerakan sederhana untuk melatih kekuatan dan fleksibilitas otot punggung


Peregangan Punggung



Gerakan-gerakan diatas membantu peregangan otot pada punggung sehingga Meningatkan fleksibilitas otot dan mencegah kekakuan punggung


Back-up exercise

Back-up exercise Merupakan Gerakan yang bertujuan untuk melatih 

kekuatan otot punggung.


Cara melakukan: 

    *   Berbaring dengan Wajah menghadap ke lantai

    *   Kontraksikan paha dan panggul lalu angkat bahu belakang.


Plank exercise


Plank exercise merupakan Gerakan yang bertujuan  Untuk melatih kekuatan otot

Punggung dan perut dengan Kontraksi yang isometric

(tidak menambah Panjang otot)


Cara melakukan: 

    *   letakan lengan dimatras

        posisikan tepat dibawah bahu

    *   Luruskan kaki kebelakang

    *   Pastikan posisi punggung lurus

    *   Tahan selama 1 menit dan ulangi 


Pull-up exercise



Pull-up exercise merupakan gerakan yang

bertujuan untuk melatih kekuatan punggung 

bagian atas


cara melakukan: 

    *   menggantung pada palang besi dengan

        posisi tangan sedikit 

        lebih lebar daripada bahu

    *   Tarik badan keatas hingga 

        dagu melewati palang


Pelvic tilt exercise


Pelvic tilt merupakan Gerakan yang bertujuan 

Untuk melatih fleksibilitas Otot perut dan punggung bawah 


Cara melakukan : 

Berbaring diatas matras Tekuk lutut, kemudian angkat panggul 



  Jul 20, 2022

See More

Apa itu pengapuran lutut?

APA ITU PENGAPURAN LUTUT ?

Istilah pengapuran ini muncul di masyarakat dan juga sudah muncul di kamus besar Bahasa Indonesia yang artinya “pengerasan karena terbentuknya garam kalsium pada jaringan daging, tulang, atau gigi”. 

Dalam medis dikenal istilah osteoarthritis. Yaitu sebuah kondisi rusaknya bagian sendi, dimana terjadi kerusakan struktur tulang rawan sendi.

Proses kerusakan itu menimbulkan gejala Nyeri, kaku. Karena nyeri bila digunakan, pasien pun malas bergerak, hingga akhirnya ototnya menjadi lebih kecil. Proses kakunya sendi akibat osteoarthritis tersebut yang sering disebut sebagai Pengapuran. Ketahui lebih lanjut tentang osteoarthritis


#pengapurantulang #apaitupengapuranlutut #pengapuran #tulang #lutut #knee #hipknee #nyeripanggul #nyeripunggung #nyeri #nyeritulang #bengkak #patahtulang  #ortopedi #indonesiaorthopaedicassociation #paboi #ioa #orthopaedicsurgeon #bedahtulang #dokterorthopaedi #doktertulang #dokterbedahtulang #indonesiasehat


  Jul 13, 2022

See More

Selamat dan Sukses Prof Dr. dr. Ferdians...

Selamat dan sukses kepada 


Prof. Dr. dr. Ferdiansyah, Sp.OT(K) 

atas diraihnya Gelar Profesor/Guru Besar Bidang Ilmu Orthopaedi dan Traumatologi 

FK Universitas Airlangga, Surabaya 

  Jul 13, 2022

See More