News

Hari Sumpah Pemuda

Satu Nusa, Satu Bangsa dan Satu Bahasa

#sumpahpemuda

  Oct 28, 2023

See More

HUT IDI Ke-73

HUT IDI ke 73 Dokter Indonesia untuk Rakyat Indonesia

Memperkuat ikatan tradisi luhur
bersatu dan mengabdi untuk rakyat Indonesia

SATU IDI TERUS MAJU

#hutidi #hutidi73 #ikatandokterindonesia #satudiditerusmaju

  Oct 24, 2023

See More

Kenali dan ketahui Gejala Osteoporosis d...

Kenali Gejala Osteoporosis dan kenali Tulang yang beresiko terkena Osteoporosis

Osteoporosis biasanya tidak menampakkan tanda-tanda fisik yang nyata hingga terjadi keropos atau keretakan pada usia senja. Itu berarti osteoporosis merupakan salah satu penyakit yang digolongkan sebagai silent disease karena karena tidak menunjukkan gejala-gejala yang spesifik.

Lalu bagaimana caranya mendeteksi seseorang terkena osteoporosis sejak dini? Kementerian Kesehatan RI sendiri memaparkan gejala-gejala awal seseorang telah terkena osteoporosis.

Gejalanya dapat berupa nyeri pada tulang dan otot, terutama sering terjadi pada bagian punggung. Beberapa gejala umum seseorang terkena osteoporosis antara lain mulai dari patah tulang, tulang punggung yang semakin membungkuk, menurunnya tinggi badan, dan nyeri punggung.

Struktur tulang mirip beton untuk bangunan atau jembatan. Komponen kalsium dan fosfor membuat tulang keras dan kaku mirip semen, sedang serat-serat kolagen membuat tulang mirip kawat baja pada tembok. Tulang adalah kerangka penyangga tubuh, pelindung organ tubuh dari benturan, dan tempat terkaitnya otot sehingga memungkinkan otot melakukan pergerakan antara sambungan tulang yang satu dengan yang lain. Dengan kata lain, tulang merupakan penunjang utama aktivitas fisik.

Seperti diketahui menurut data Pusdatin Kemenkes RI pada 2015, osteoporosis disebut sebagai penyakit tulang yang ditandai dengan menurunnya massa tulang (kepadatan tulang) secara keseluruhan akibat ketidakmampuan tubuh dalam mengatur kandungan mineral dalam tulang dan disertai dengan rusaknya arsitektur tulang yang akan mengakibatkan penurunan kekuatan tulang yang dalam hal ini adalah pengeroposan tulang, sehingga mengandung risiko mudah terjadi patah tulang.

Lalu tulang bagian manakah dari bagian tubuh seseorang yang berpotensi terkena osteoporosis? Disebutkan yang berisiko terpapar adalah tulang punggung sampai tulang ekor, tulang paha, tulang lengan, tulang pergelangan tangan, hingga tulang rahang pun dapat terkena osteoporosis.

yuk mari kita hidup sehat dengan mejaga tulang dan sendi kita, agar tehindar dari pengeroposan tulang!

#osteoporosis #pengeroposantulang #orthopaedi #dokterorthopaedi

  Oct 21, 2023

See More

Mari Mengenal Osteoporosis

Osteoporosis adalah kondisi ketika kepadatan tulang berkurang sehingga tulang menjadi keropos dan mudah patah. Osteoporosis jarang menimbulkan gejala dan biasanya baru diketahui ketika penderitanya jatuh atau mengalami cedera yang menyebabkan patah tulang.


#osteoporosis #pengeroposantulang

  Oct 20, 2023

See More

Selamat Memperingati Hari Kesaktian Panc...

Selamat Memperingati Kesaktian Pancasila 1 Oktober 2023

“Meskipun berbeda-beda, beragam agama, beragam bahasa, warna kulit, tetapi satu dalam jiwa Indonesia dan dalam semangat Pancasila.”

Indonesian Orthopaedic Association

  Oct 01, 2023

See More

Selamat Memperingati Maulid Nabi Muhamma...

???? ???????? ?????? ?????????? ????? ????????? ?????? ???? ??? ????????? ?????????

  Sep 28, 2023

See More